06 Agustus 2010

Visi, Misi, Grand Strategy dan Sasaran Strategis KKP

VISI :
Pembangunan Kelautan dan Perikanan :
‎”Indonesia Penghasil Produk Kelautan dan Perikanan Terbesar 2015”‎

MISI :
" Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kelautan dan Perikanan "

TUJUAN ((GRAND STRATEGY (The Blue Revolution Policies)) :
  1. Memperkuat Kelembagaan dan SDM secara Terintegrasi.
  2. Mengelola Sumber Daya Kelautan dan Perikanan secara Berkelanjutan.
  3. Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Berbasis Pengetahuan.
  4. Memperluas Akses Pasar Domestik dan Internasional.

SASARAN STRATEGIS :
1. Memperkuat Kelembagaan dan SDM secara Terintegrasi.
  • Peraturan perundang-undangan di bidang Kelautan dan Perikanan sesuai kebutuhan nasional dan tantangan global serta diimplementasikan secara sinergis lintas sektor, pusat dan daerah."
  • Seluruh perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pelaporan terintegrasi, akuntabel dan tepat waktu berdasarkan data yang terkini dan akurat.
  • Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan memiliki kompetensi sesuai kebutuhan.
2. Mengelola Sumber Daya Kelautan dan Perikanan secara Berkelanjutan.
  • Sumber daya Kelautan dan Perikanan dimanfaatkan secara optimal dan berkelnjutan.
  • Konservasi kawasan dan jenis biota perairan yang dilindungi dikelola secara berkelanjutan.
  • Pulau-pulau kecil dikembangkan menjadi pulau bernilai ekonomi tinggi.
  • Indonesia bebas Illegal, Unreported dan Unregulated (IUU) Fishing serta kegiatan yang merusak sumber daya kelautan dan perikanan.
3. Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Berbasis Pengetahuan.
  • Seluruh kawasan potensi perikanan menjadi kawasan Minapolitan dengan usaha yang bankable.
  • Seluruh sentra produksi kelautan dan perikanan memiliki komoditas unggulan yang menerapkan teknologi inovatif dengan kemasan dan mutu terjamin.
  • Sarana dan Prasarana Kelautan dan Perikanan mampu memenuhi kebutuhan serta diproduksi dalam negeri dan dibangun secara terintegrasi.
4. Memperluas Akses Pasar Domestik dan Internasional.
  • Seluruh desa memiliki Pasar yang mampu memfasilitasi penjualan hasil perikanan.
  • Indonesia menjadi market leader dunia dan tujuan utama investasi di bidang kelautan dan perikanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar